Senin, 11 April 2016

Makanan Khas Garut, Ladu " Faridah "



Kota Garut Merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat, dengan beragam ciri khas baik dibidang senibudaya, tempat wisata, dan kuliner.

Dibidang Kuliner, Kota Garut mempunyai makanan khas yaitu Dodol Garut. selain Dodol Garut, ada salah satu makan khas yang sayang kalau kita tidak mencicipinya yaitu Ladu. 
Salah satu produsen Ladu ada di Jl, Kabupaten Gang Sagaranteun Dengan Rasa yang khas dan dapat dibedakan dengan beberapa prodak ladu yang lain. Makanan ladu ini diberi label "Faridah".



Sejarah Singkat Ladu "Faridah"


Ladu merupakan makanan olahan rumahan yang terbuat dari beras ketan, gula aren, kelapa, panila, gula pasir, ladu ini termasuk makanan basah , jadi kekuatan makanan ini sampai 7 hari, katanya dari cerita orang tua dulu ladu ini berasal dari daerah tasik tempatnya di gunung ladu kemudian yang membuatnya pindah ke daerah malangbong, dahulunya ladu ini hanya sebatas makan untuk cemilan dirumah saja, karena mungkin kelezatan rasanya bannyak orang (konsumen) yang memesan makan khas malambong ini. Kami termasuk generasi penerus dari eyang khakifah pembuat pertama ladu di malangbong ini,,,dari mulai nenek Aah saja'ah, ua esih sukaesih, ibu kami toto taufah( ma,ento). ibu kami dari kecil sudah di daerah Garut kota. dan akhirnya ibu kami membuat ladu di kota garut tempatnya di jalan Kabupaten Gang Sagaranten , dekat pendopo Garut dari taun 1960 belum memakai label, pada tahun 2003 tanggal 26 maret hari jum'at kami bemberikan label pada ladu ketan ini dengan nama ladu “Faridah”.



Ladu ketan Faridah ini tidak memakai bahan pengawet,kekuatanya terkadang bisa mencapai 2 minggu,tapi bila sudah ada jamur (bakteri) masih bisa dimakan ,dengan cara di cuci setelah itu di kukus,atau di potong tipis tipis lalu di goreng,,,bila anda datang ke kota garut jangan lupa coba makanan cemilan khas daerah malangbong ini tidak kalah enaknya dengan dodol garut atau makan khas lainya.
harga ladu Farida berdasarkan besaran / perbatang, dimulai dari harga yang termurah yaitu 1.500/batang.

Bila anda ingin memesan ladu Faridah silakan hubungi kami :
Ladu Faridah
Jl. Kabupaten Gg. Sagaranteun Kel. Paminggir -  Kec. Garut Kota
Contact person 
( 0262 ) 235855
081312570269, 

" Sumber Info : Cecep Ridwan "


2 komentar: